BSdiTpr6TfM0GUY7TSdiBUr8Gi==

1874 Jamaah Haji dari Lamongan Ikuti Manasik Haji, Bupati Lamongan Beri Pesan

Bimbingan Manasik Haji di Masjid Namira Lamongan. (Ist)

LAMONGAN, InfoLamongan.com - Sebanyak 1.874 jamaah haji asal Lamongan mengikuti manasik haji tingkat Kabupaten Lamongan di Masjid Namira Lamongan, Sabtu (20/4/2024).
 
Manasik haji tingkat Kabupaten tahun 2024 telah resmi dimulai setelah pembukaan yang dilakukan oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi.

Bupati Lamongan yang akrab disapa Pak Yes menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam memberikan pelayanan berkualitas bagi para jamaah haji. 
 
Komitmen ini ditujukan untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan sepanjang persiapan hingga pelaksanaan ibadah haji, sejalan dengan visi "Haji Ramah Lansia".

"Pemerintah Kabupaten Lamongan berkomitmen tinggi dalam memberikan pelayanan yang berkualitas, agar seluruh jamaah haji Lamongan selalu aman dan nyaman," tegas Bupati Lamongan Pak Yes. 

Upaya pelayanan berkualitas ini akan dilaksanakan melalui kehadiran 41 pendamping haji yang akan menemani para jamaah haji Lamongan. Mereka terdiri dari 10 PPIH kloter, 16 TKHK, 8 PHD, dan 6 pembimbing KBIHU.

Terdapat 41 jamaah haji lansia di Lamongan yang akan berangkat, dengan usia sekitar 84 tahun. 
 
Pak Yes mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan fisik mengingat rangkaian ibadah haji yang memerlukan aktivitas fisik dalam jangka waktu yang panjang.

"Saya tekankan kepada seluruh jamaah haji agar terus menjaga kesehatan fisik, karena ibadah haji dilakukan dalam waktu panjang ditambah seluruh rukunnya mayoritas menggunakan kegiatan fisik," kata Pak Yes.

Pelatihan jamaah haji juga telah dilakukan sebelumnya melalui manasik haji tingkat kecamatan sebanyak enam kali. 
 
Kepala Seksi Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Lamongan, Abd Ghofur, menyampaikan bahwa pemberian latihan juga dilakukan secara digital melalui buku manasik digital yang dapat diakses melalui aplikasi Pusaka Superapp.

"Jamaah haji tidak hanya melakukan pelatihan melalui manasik, melainkan mereka juga bisa memperdalam pengetahuan melalui layanan digital yang sudah disiapkan," tutur Ghofur.

Seluruh jamaah akan menuju Asrama Haji pada tanggal 11 dan 12 Mei mendatang, sementara pemberangkatan ke tanah suci dijadwalkan pada tanggal 12 sampai 13 Mei mendatang. Dengan segala persiapan yang telah dilakukan, diharapkan para jamaah haji dari Lamongan dapat melaksanakan ibadah dengan lancar dan mendapatkan pengalaman yang berharga.

sumber: koranmemo

Type above and press Enter to search.